• Posted by : Unknown Sunday, March 17, 2013


    Beberapa jenis design yang saya ketahui adalah sebagai berikut :

    1. Drafter
    2. Editor
    3. Layouter
    4. Art Director
    5. Photographer
    6. Animator
    7. Visualisator
    8. Video Editor
    9. Integrated Designer


    Dan dari berbagai jenis-jenis design yang saya sebutkan tentunya memiliki pengertian yang berbeda-beda !

    Drafter merupakan jenis design khusus untuk membuat arsitektur dan rancang bangun yang simetris dan digunakan untuk membuat suatu desain yang memerlukan ketelitian tinggi. Tentunya Drafter harus memiliki keahlian dalam penggunaan software seperti Autocad , 3D max , Archicad , SketchUp , dll.


    Editor merupakan design khusus untuk membuat Cover, sampul, baner dan lain sebagainya. Dan juga dapat membuat design seperti Kartu undangan, Cover CD, Logo dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini memerlukan keahlian penggunaan software seperti photoshop, corel draw , paint , dll.

    Layouter Design khusus untuk membuat majalah, koran, catalogue dan lain sebagainya, Harus memiliki kemampuan / feel untuk tata letak agar tampilan enak dilihat. Adobe Page Maker, InDesign adalah beberapa apikasi yang harus di kuasai oleh Layouter.

    Art Design merupakan karya seni dari komputer yang dapat digunakan untuk visual effect atau hanya hiasan saja. Memerlukan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung software yang diperlukan adalah photoshop, coreldraw, photopaint, dll.

    Photographer selain melakukan pengeditan photo, design ini juga merangkap sebagai fotografer. Harus memiliki talenta khas fotografer, dan dapat melakukan pengeditan photo berdasarkan event yang diperlukan. Sangat membutuhkan intelegensi dan kreativitas tinggi. Memerluka suatu ketelitian dalam bidang photography dan dapat menggunakan berbagai software diantaranya fotoslate , photoshop , dll.

    Animator bekerja dalam motion grafik, iklan atau film fantasi. harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan tinggi, pengalaman dan harus menguasai macromedia flash, after effect, corel rave, 3D Maya, dll.

    Visualisator adalah desainer khusus untuk memberikan gambaran khusus pada suatu karya dalam bentuk real, dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi. software yang harus dikuasai adalah sebagai berikut : 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay.

    Video Editor adalah designer khusus untuk video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi, dan harus menguasai adobe after effect, 3d maya, Adobe premiere, dll. Sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman.

    Integrated Designer adalah designer khusus yang memerlukan integrasisemisal pembuatan CD Interaktif, game, web. Diperlukan penguasaan di berbagai penguasaan elemen multimedia. Sangat diperlukan dalam Industri informatika.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Learn_About_All - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -